top of page
  • nanovest

Begini Cara Sentimen Pasar Mempengaruhi Harga Crypto

Sentimen pasar adalah salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi harga cryptocurrency. Oleh sebab itu, jika ingin mulai berinvestasi di mata uang kripto, kamu perlu memahami dulu bagaimana sentimen pasar mempengaruhi harga crypto. 

Sebelum masih ke pembahasan tersebut, mari berkenalan terlebih dahulu dengan definisi dari sentimen pasar dalam ulasan berikut ini.

Apa itu sentimen pasar?

Sentimen pasar adalah sikap pasar atau para investor terhadap pergerakan suatu harga, dalam hal ini harta cryptocurrency. Sentimen merupakan sebuah bentuk emosi yang mempengaruhi perilaku investor saat terjadi pergerakan harga. Misalnya, investor banyak menjual saham sehingga saham turun.

Dalam berinvestasi di instrumen cryptocurrency, penting untuk mempelajari market sentiment mata uang yang kamu sasar. Pasalnya, perilaku investor tersebut berpengaruh pada harga mata uang kripto di masa mendatang.

Jenis-jenis sentimen pasar

Ada empat jenis sentimen yang umum dalam dunia investasi, yaitu sentimen bullish, sentimen bullish, minat risiko tinggi, serta minat risiko rendah. Berikut penjelasannya.

Sentimen bullish

Sentimen bullish adalah cara pandang investor yang cenderung optimis, atau positif terhadap pasar. Dampaknya, harga mata uang kripto punya potensi untuk terus naik karena banyak investor yang melakukan pembelian.

Sentimen bearish

Sentimen bearish adalah cara pandang investor yang cenderung pesimis atau negatif terhadap pasar. Dampaknya, harga mata uang kripto berpotensi untuk turun karena banyak investor yang menjual koin.

Minat risiko tinggi

Minat risiko tinggi (high risk appetite) adalah cara pandang investor yang banyak berani mengambil risiko meskipun kondisi pasar sedang kurang jelas. Artinya, mereka tetap membeli aset digital dengan risiko tinggi.

Minat risiko rendah

Minat risiko rendah (low risk appetite) adalah cara pandang investor yang menghindari risiko karena kondisi pasar sedang kurang jelas. Jadi, mereka lebih memilih membeli aset lain.

Bagaimana sentimen pasar mempengaruhi harga crypto?

Sentimen pasar pada akhirnya akan memengaruhi tingkat permintaan dan penawaran terhadap koin kripto. Jika permintaan naik, maka harganya juga ikut naik. Sebaliknya, jika penawarannya naik, maka harganya akan turun.

Nah, ada dua teori yang bisa kamu ketahui agar lebih paham lagi terkait dengan cara kerja market sentiment, di antaranya:

Teori Perilaku Keuangan

The Behavioral Financial Theory atau Teori Perilaku Keuangan menjelaskan tentang berbagai bentuk perilaku investor yang didasari pada faktor psikologis yang tidak rasional. Contohnya, ada banyak investor yang bertindak (menjual atau membeli aset) tanpa berdasarkan data fundamental. Mereka cenderung membuat keputusan berdasarkan persepsi masing-masing atau mencontoh investor lain.

Teori ini akhirnya memetakan bias kognitif dan bias emosional yang dialami investor, yakni:

  1. Terlalu percaya diri dapat meramal harga di masa depan.

  2. Menggunakan aturan yang praktis saat menyusun strategi investasi.

  3. Kesulitan mengubah persepsi berdasarkan informasi baru.

  4. Ketergantungan pada performa aset di masa lalu

Teori Animal Spirit

The Animal Spirit Theory atau Teori Animal Spirit memetakan bagaimana investor masuk ke pasar aset berdasarkan naluri saja. Menurut penemu teori ini, John Maynard Keynes, pengambilan keputusan manusia cenderung didominasi oleh naluri jika dihadapkan pada ketidakpastian.

Contohnya, investor cenderung berbondong-bondong membeli aset yang sedang tren dan naik harganya dengan harapan mendapatkan keuntungan yang tidak realistis. Sebaliknya, saat sebuah aset turun drastis, mereka tetap mempertahankan kepemilikan aset tersebut agar tidak rugi.

Strategi membaca sentimen pasar dalam investasi crypto

Lantas, bagaimana strategi membaca market sentiment dalam berinvestasi di uang kripto? Simak tipsnya berikut ini.

1. Update terus berita seputar mata uang kripto

Selalu update berita seputar mata uang kripto, misalnya cryptocurrency apa saja yang sedang trending dan sedang banyak diminati. Atau, bisa juga cek mata uang yang sedang turun harganya. Selain berita seputar trending dan harga, kamu juga bisa membaca sentimen pasar dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait mata uang kripto. Pasalnya, faktor eksternal tersebut dapat berpengaruh terhadap keputusan investor di masa mendatang.

2. Bergabung dengan komunitas di sosial media

Bergabunglah dengan komunitas diskusi cryptocurrency di sosial media, seperti Facebook, Twitter, Reddit, atau Instagram. Lakukan diskusi dengan warganet supaya mendapatkan insight yang lebih luas terkait dengan sentimen pasar terhadap mata uang kripto. Perlu dicatat bahwa banyak mata uang kripto yang naik akibat perbincangan di komunitas media sosial, contohnya Dogecoin dan Shiba Inu.

3. Hindari terlalu mengikuti sentimen tanpa paham fundamentalnya

Hindari terlalu mengikuti sentimen pasar secara buta karena hal tersebut tidak selalu akurat. Sebaiknya, kamu juga perlu memahami fundamental uang kripto yang akan kamu beli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah latar belakang, sejarah harga, cara kerja, teknologi, dan tim pengembang yang menyusun mata uang kripto. 

Demikian penjelasan singkat tentang bagaimana sentimen  memengaruhi harga cryptocurrency. Semoga bermanfaat!

37 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page